Senin, 25 Maret 2019

Nilai dan Keuntungan yang Ditawarkan E-Bisnis Air Asia (airasia.com)

Pengertian E-Bisnis
Electonic Business atau yang lebih dikenal E-Bisnis adalah suatu kegiatan transaksi, jual beli, bisnis yang dapat dilakukan melalui perangkat elektronik atau dengan internet sehingga perusahaan dapat langsung berinteraksi dengan costumer. E-Bisnis juga dapat dikatakan sebagai iklan agar para konsumen dapat membeli produk-produk suatu perusahaan. E-Bisnis dapat disimpulkan seperti penggunaan Teknologi dan Komunikasi untuk menjalankan sekaligus mengelola bisnis untuk mendapatkan keuntungan.


Airasia.com
Air Asia merupakan salah satu jenis E-Bisnis B2C (Business to Consumer) yaitu kegiatan E-Bisnis dalam pelayanan barang atau jasa secara langsung kepada konsumen melalui sebuah website atau aplikasi. Transaksi penjualan dapat dilakukan di interner dan pemesanan langsung dilakukan oleh konsumen. Sebagai pelaku E-Bisnis, melalui airasia.com costumer dapat hanya perlu mengakses situs tersebut untuk melakukan reservasi tiket pesawat.

Keuntungan dari airasia.com

-        Aspek Efisiensi (Biaya)
Dengan sistem E-Bisnis Air Asia dapat menekan biaya telekomunikasi dalam memproses suatu transaksi pembelian tiket pesawat.

-        Aspek Efektifitas (Operasi)
E-business yang diterapkan Air Asia termasuk dalam Business to Consumer dimana aplikasi ini ditujukan agar konsumer dapat langsung berhubungan dengan pihak perusahaan tanpa harus melalui perantara seperti sistem reservasi konvensional.

-        Aspek Jangkauan (Wilayah)
Dengan airasia.com konsumen dapat menjangkau semua wilayah agar konsumen dapat membeli tiket pesawat Air Asia dimanapun mereka berada jika di suatu wilayah tersebut memiliki akses internet.
  
-        Aspek Struktur (Industri)
Meningkatkan citra yang baik di mata para konsumen tentunya dengan pelayanan yang baik juga, sebab dengan media internet informasi dapat dengan cepat tersebar. Dengan pelayanan yang baik itu dapat menjadikan salah satu keunggulan airasia.com dari pesaing lainnya.

-        Aspek Peluang (Pasar)
Air Asia tidak hanya melayani penerbangan domestik saja, namun juga penerbangan internasional, hal itu dapat memperluas pasar dengan menjangkau banyak pelanggan yang ingin membeli tiket penerbangan domestik ataupun internasional.

Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar