Jumat, 04 November 2016

Baju Perang Ironman Amerika Serikat

Teknologi Baju Perang Talos




     Latar Belakang
          Teknologi pada masa kini berkembang dan maju dengan sangat cepat, Pada saat ini kita dapat mendapatkan informasi dengan sangat mudah.Salah satu teknologi yang sedang dikembangkan dan digalakkan oleh angkatan bersenjata Amerika Serikat adalah baju baja revolusioner untuk tentaranya agar memiliki ketahanan super yaitu TALOS.


     Rumusan Masalah:
  •  Apa itu Talos
  • Talos terdiri dari apa saja
  • Teknologi pendukung Talos
     Pembahasan

     Apa itu Talos
          Proyek ini bernama Tactical Assault Light Operator Suit (TALOS), yang akan menjadi baju perang tentara AS. Dengan TALOS ini memungkinkan para tentara AS mampu membawa beban yang jauh lebih berat dan tentu saja kebal terhadap peluru. Bagi US Army, pembuatan TALOS ini sebagai upaya untuk menciptakan pasukan dengan perlengkapan seperti Iron Man. Tujuannya tidak lain adalah untuk meningkatkan kemampuan dengan mobilitas tinggi serta perlindungan terhadap personal masing-masing tentara. TALOS ini juga dilengkapi dengan sistem komputerisasi seperti yang ada di film Iron Man yang berguna untuk pengawasan dan pendeteksian kondisi tubuh para tentara maupun kondisi lingkungan dimana tentara berada.

     Bagian Talos
  1. Rangka TALOS

     Menggunakan HULC Exoskeleton Robot yang akan memberikan tenaga super sehingga mengurangi beban tentara dalam memakai seragam TALOS ini. Bahkan tentara yang menggunakan seragam TALOS ini mampu mengangkat beban hingga 200 pounds atau sekitar 90 kg lebih karena adanya HULC Exoskeleton sebagai rangka dari seragam TALOS ini.


      2. Baju Besi TALOS


       Terbuat dari cairan magnetorheological. Cairan ini memiliki keunikan tersendiri, apabila dialiri arus listrik atau medan magnet dalam hitungan waktu milidetik cairan tersebut akan berubah menjadi padat. Cairan magnetorheological ini masih dalam penelitian oleh badan MIT (Massachusetts Institute of Technology) untuk penyempurnaan komposisi.

     Teknologi Pendukung Talos

       Terdapat beberapa teknologi yang potensial untuk disisipkan dalam baju perang yang canggih ini. Seperti yang disampaikan oleh pihak USSOCOM (US Special Operations Command ) TALOS akan dilengkapi dengan kontrol komputer, pembangkit listrik, sensor, alat komunikasi dan perlengkapan persenjataan.

     Kesimpulan
          
    Angkatan bersenjata Amerika Serikat merupakan salah satu contoh kecil yang dapat mengembangkan dan memajukan teknologi. Di dunia akan banyak orang-orang ataupun negara-negara yang akan berlomba-lomba mengembangkan ataupun membuat teknologi yang akan sangat berguna di masa yang akan datang. Teknologi akan terus berkembang dan maju dengan sangat cepat maka dari itu kita harus berusaha untuk terus bisa mengikuti perkembangan atau kemajuan teknologi yang sangat cepat ini.


Sumber: http://putucisko.blogspot.co.id/2014/04/talosbaju-perang-iron-man-untuk-tentara.html
Referensi: http://haritsms.blogspot.co.id/2016/11/penerapaninovasi-teknologi-terhadap.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar