Selasa, 20 November 2018

Perencanaan Audit Sebuah Website



1.    Tujuan Tugas

Menyusun Rencana Audit

2.    Uraian Tugas

a.    Obyek Garapan Tugas:

Audit Through the Computer dan Audit Around the Computer


Audit Through the Computer

Audit through the computer adalah dimana auditor selain memeriksa data masukan dan keluaran, juga melakukan uji coba proses program dan sistemnya atau yang disebut dengan white box, sehinga auditor merasakan sendiri langkah demi langkah pelaksanaan sistem serta mengetahui sistem bagaimana sistem dijalankan pada proses tertentu.


Audit through the computer dilakukan pada saat:

1. Sistem aplikasi komputer memproses input yang cukup besar dan menghasilkan output yang cukup besar pula, sehingga memperluas audit untuk meneliti keabsahannya.
2.    Bagian penting dari struktur pengendalian intern perusahaan terdapat di dalam komputerisasi yang digunakan.

Kelebihan dan Kelemahan dari metode Audit Through The Computer adalah sebagai berikut:

Kelebihan:

-   Dapat meningkatkan kekuatan pengujian system aplikasi secara efektif.
-   Dapat memeriksa secara langsung logika pemprosesan dan system aplikasi.
-   Kemampuan system dapat menangani perubahan dan kemungkinan kehilangan yang terjadi pada masa yang akan dating.
- Auditor memperoleh kemampuan yang besar dan efektif dalam melakukan pengujian terhadap system computer.
-   Auditor merasa lebih yakin terhadap kebenaran hasil kerjanya.

Kelemahan:

-   Biaya yang dibutuhkan relative tinggi karena jumlaj jam kerja yang banyak untuk dapat lebih memahami struktur pengendalian intern dari pelaksanaan system aplikasi.
-       Butuh keahlian teknis yang mendalam untuk memahami cara kerja sistem.



Audit around the computer

Audit around the computer masuk ke dalam kategori audit sistem informasi dan lebih tepatnya masuk ke dalam metode audit. Audit around the computer dapat dikatakan hanya memeriksa dari sisi user saja pada masukkan dan keluaranya tanpa memeriksa lebih mendalam terhadap program atau sistemnya, bisa juga dikatakan bahwa audit around the computer adalah audit yang dipandang dari sudut pandang black box.
Dalam pengauditannya yaitu auditor menguji keandalan sebuah informasi yang dihasilkan oleh komputer dengan terlebih dahulu mengkalkulasikan hasil dari sebuah transaksi yang dimasukkan dalam sistem. Kemudian, kalkulasi tersebut dibandingkan dengan output yang dihasilkan oleh sistem. Apabila ternyata valid dan akurat, diasumsikan bahwa pengendalian sistem telah efektif dan sistem telah beroperasi dengan baik.

Audit around the computer dilakukan pada saat:
1. Dokumen sumber tersedia dalam bentuk kertas (bahasa non-mesin), artinya masih kasat mata dan dilihat secara visual.
2.  Dokumen-dokumen disimpan dalam file dengan cara yang mudah ditemukan.
3.  Keluaran dapat diperoleh dari daftar yang terinci dan auditor mudah menelusuri setiap transaksi dari dokumen sumber kepada keluaran dan sebaliknya.

Kelebihan dan Kelemahan dari metode Audit Around The Computer adalah sebagai berikut:

Kelebihan:
-       Proses audit tidak memakan waktu lama karena hanya melakukan audit tidak secara mendalam.
-       Tidak harus mengetahui seluruh proses penanganan sistem.

Kelemahan:
-   Umumnya database mencakup jumlah data yang banyak dan sulit untuk ditelusuri secara manual. Tidak membuat auditor memahami sistem komputer lebih baik.
-     Mengabaikan pengendalian sistem, sehingga rawan terhadap kesalahan dan kelemahan potensial dalam sistem.
-       Lebih berkenaan dengan hal yang lalu daripada audit yang preventif.
-       Kemampuan komputer sebagai fasilitas penunjang audit mubadzir.
-       Tidak mencakup keseluruhan maksud dan tujuan audit.

b.    Obyek Audit yang Akan Dilakukan


Website adalah sebuah halaman yang menyajikan informasi baik dalam bentuk tulisan, gambar, suara, atau video yang diletakkan di dalam sebuah server/hosting di mana untuk mengaksesnya diperlukan jaringan internet. Website sering juga disebut sebagai web, site, situs, atau situs web. Sebuah website agar bisa diakses di internet diperlukan 2 komponen yang harus ada yaitu Domain dan Hosting.

Audit atau pemeriksaan dalam arti luas bermakna evaluasi terhadap suatu organisasi, sistem, proses, atau produk. Audit dilaksanakan oleh pihak yang kompeten, objektif, dan tidak memihak, yang disebut auditor. Tujuan diadakannya audit adalah untuk melakukan verifikasi bahwa subjek dari audit telah diselesaikan atau berjalan sesuai dengan standar, regulasi, dan praktik yang telah disetujui dan diterima.

Audit website adalah suatu pemeriksaan menyeluruh secara sistematis terhadap suatu website yang membandingkan antara kondisi yang ada saat ini dengan kondisi ideal suatu website. Sehingga berdasarkan definisi tersebut, bentuk dari audit website ini berupa pertanyaan. Dari pertanyaan yang diajukan kemudian mendapatkan jawaban. Jawaban inilah yang akan menjadi acuan utama dalam menyusun solusi dari setiap permasalahan yang ada pada sebuah website.

Bagi sebagian orang menganggap audit website itu tidak penting. Yang penting adalah punya traffic yang banyak dan menghasilkan konversi saja sudah cukup. Memang benar, traffic dan konversi yang ada saat ini bisa tinggi, namun dengan melakukan audit website, maka bisa membuat traffic dan konversi saat ini, bisa menjadi lebih tinggi lagi.

Setidaknya ada 3 alasan lagi, mengapa audit website ini penting, sekalipun traffic dan konversi Anda sudah tinggi.

- Alasan yang pertama kenapa audit website ini penting adalah karena dengan audit website Anda bisa mengetahui dan menilai seberapa jauh website Anda hadir di dunia online (bahasa kerennya online presence). Online presense ini merupakan gambaran seberapa kuat website Anda bisa bersaing dengan jutaan website lainnya untuk muncul dan terlihat oleh audience Anda.

- Alasan ke dua kenapa audit website ini penting adalah karena dengan audit website Anda bisa mengetahui kekurangan yang ada pada website Anda.

- Dan yang ke tiga adalah menemukan apa saja yang perlu ditingkatkan dari website Anda.

Search Engine Optimization (SEO) merupakan aspek penting bagi para profesional yang ingin mendongkrak bisnis mereka melalui internet. Dalam skenario saat ini, setiap bisnis memiliki website sendiri untuk mempromosikan layanannya seperti produk atau jasa. Website adalah media iklan yang penting untuk sejumlah bisnis dan oleh karena itu penting sekali untuk menganalisis potensi sebenarnya dari website. Ketika kita berbicara tentang potensi sebenarnya dari website, maka hal yang sangat penting adalah bagaimana caranya membuat website tersebut menarik dan mudah diakses oleh audiens. Sehingga pengunjung yang mengkases website Anda senang dan mendapatkan informasi yang diinginkan. Kita memerlukan sebuah alat audit atau analisi yang dapat digunakan untuk memperbaiki tampilan, struktur, konten maupun kecepatan sebuah website.

Sejumlah alat audit SEO ada yang bisa membantu dalam analisis website. Alat ini sangat baik karena membantu menentukan volume lalu lintas yang diperoleh website. Selain itu, alat ini juga membantu memeriksa sejumlah isu terkait SEO lainnya, yang tentu saja bermanfaat bagi orang yang menggunakan alat ini. Dalam daftar alat audit yang luar biasa, kami memusatkan perhatian pada yang paling menonjol. Alat ini umumnya digunakan untuk tujuan audit SEO dan sangat luar biasa karena dapat dimanfaatkan dalam beberapa cara.

Audit web yang baik dan penting untuk mendapatkan hasil holistik tentang kesehatan SEO situs Anda. Kolumnis Pratik Dholakiya menjelaskan kesalahan mana yang harus dihindari saat melakukan audit website.

Seperti yang diketahui oleh semua pakar SEO, peringkat di search engine adalah hasil pencarian yang tak terduga. Setiap pembaruan dapat menghasilkan dampak yang kuat dan tak terduga. Setiap ahri optimasi untuk mendapatkan rangking seperti dengan hanya menambahkan kata kunci ke tag judul, tag header dan konten untuk mendapatkan beberapa backlink telah berakhir. Karena faktanya adalah banyak bisnis berjuang untuk mengikuti setiap perubahan.

Ada banyak faktor yang dipertimbangkan oleh search engine saat menentukan posisi ranking website Anda. Beberapa faktor tersebut adalah seperti adalah:

- Kualitas konten
- Wewenang
- Responsif
- Kecepatan website

Untuk memperbaikinya tentu akan jauh lebih mudah jika diucapkan daripada Anda melakukannya langsung. Oleh karena itu selalu menjadi kebutuhan penting untuk bisa melakukan audit pada website Anda sebagai peningkatan dari kualitas. Perlu diingat bahwa melakuka Audit secara lengkap bukanlah tugas yang bisa Anda kerjakan dalam beberapa jam saja. Hal ini tergantung dari ukuran dan keadaan website bisnis Anda, bisa juga berhari-hari untuk menyelesaikannya. Dan berikut adalah 4 kesalahan wajib dihindari selama Audit website:

1. Telusuri dahulu sebelum meng crawl

Hal pertama sebelum Anda mendiagnosa website Anda, tentu saja Anda harus memiliki gambaran yang jelas dan lengkap tentang apa yang sebenarnya sedang Anda kerjakan. Oleh karena itu, penting untuk Anda melakukan crawling menyeluruh dari keseluruhan website Anda, jika Anda menghilangkan langkah awal crawling ini sebelum melakukan perubahan, maka Anda seperti sedang melukis dalam kegelapan.

Jika Anda baru mengenal audit, mulailah dengan memilih tools crawl yang bagus. Disini kami merekomendasikan Screaming Frog’s SEO Spider karena kesederhanaan dan harga yang masih terbilang wajar. Namun, jika Anda mencari yang gratis, BeamUsUp adalah tools hebat untuk digunakan.

2. Tidak memprioritaskan aksesibilitas

Sederhananya, jika search engine dan pengguna tidak dapat mengakses website Anda, semua waktu dan sumber daya yang sudah Anda keluarkan selama ini untuk mendesain halaman navigasi dan membuat konten yang maksimal maka tidak akan berharga. Hal ini dikatakan, Anda ingin menempatkan di search engine dalam posisi terbaik untuk mengindeks situs Anda.

3. Abaikan faktor ranking on-page

Dari sudut pandang SEO, ada banyak hal yang perlu diingat:

- Apakah konten itu penting? Sebagai aturan praktis, disarankan agar setiap halaman konten memiliki setidaknya 300 kata.
- Apakah konten Anda memberi nilai bagi pembaca? Ini sedikit area abu-abu. Pada dasarnya, Anda perlu memastikan konten Anda ditulis dengan baik, relevan dan menarik.
- Apakah gambar sudah dioptimalkan? Website Anda harus menyediakan metadata gambar sehingga search engine dapat memasukkannya ke dalam peringkat.
- Apakah Anda mempunyai target kata kunci? Lakukan riset dan tentukan istilah yang dicari pengguna yang berkaitan dengan industri Anda.
- Apakah konten bisa dibaca? Gunakan tools seperti Gunning Fog Index untuk mengukur seberapa baik teks konten Anda dapat dipahami oleh pembaca.
- Bisakah search engine mengolahnya? Pastikan konten tidak bermasalah dengan gambar yang rumit, JavaScript yang berlebihan, atau Flash.

Saat menelusuri website, ada tiga penyebab yang berbahaya yang harus Anda awasi:

- Duplikat konten, tentu saja jika ini terjadi tidak akan membantu apapun yang Anda inginkan dan dapat membingungkan crawler search engine, karena mereka harus memutuskan versi konten mana yang akan diurutkan. Anda dapat mengecek bagian-bagian ini selama menelusuri website Anda atau dengan menggunakan tools seperti Copyscape yang akan mengidentifikasi duplikat konten di seluruh website.
- Arsitektur informasi, Ini mendefinisikan bagaimana sebenarnya webite Anda menyajikan pesannya. Ini harus menyampaikan tujuan, sekaligus memanfaatkan jumlah kata kunci bertarget yang baik.
- Kanibalisme kata kunci, ini menggambarkan situasi di mana Anda memiliki beberapa halaman yang menargetkan kata kunci yang sama persis. Ini akan membuat kebingungan bagi pengguna dan search engine. Hindari ini dengan membuat indeks kata kunci untuk segala hal di website Anda.

4. Mengabaikan faktor ranking off-page

Meskipun faktor-faktor ini berasal dari sumber eksternal, namun penting bagi rangking website Anda dan tidak boleh diabaikan atau abaikan begitu saja.

10 Teknik SEO Advance untuk Meningkatkan Organic Traffic Anda

1. Lakukan SEO Audit untuk website Anda

SEO audit akan membantu Anda untuk mengetahui mengapa website Anda tidak mendapat traffic dan mungkin sales yang cukup. Banyak perusahaan SEO menawarkan layanan ini, tetapi Anda bisa menghemat budget dengan melakukannya sendiri.

Secara general, auditing sendiri adalah sebuah pemeriksaan hasil, konsep, atau keuangan yang dilakukan untuk mengetahui bagaimana keadaan bisnis Anda saat ini dan langkah apa yang harus Anda ambil selanjutnya. Di dunia SEO, auditing dapat membantu Anda menyusun strategi untuk menarik dan mempertahankan konsumen.

Berikut adalah hal-hal yang harus Anda perhatikan selama Anda melakukan audit SEO:

1. Pastikan bahwa semua halaman website Anda memiliki meta title dan descriptions
2. Apakah semua halaman website Anda sudah memiliki keywords yang dioptimasi untuk SEO? Perhatikan apakah terjadi keyword stuffing di halaman-halaman website Anda
3. Sudahkah struktur URL Anda dioptimasi agar mudah ditemukan oleh search engines? URL Anda sebaiknya dibuat simple, pendek, dan mudah bagi search engines untuk mengerti apa isi halaman website tersebut.
4. Apakah setiap halaman website Anda sudah disusun secara benar? Penyusunan yang benar untuk SEO sebaiknya memiliki hal-hal di bawah ini:
            1. Menggunakan headings dan subheadings (H1 dan H2) untuk memisahkan isi konten
             2. Menggunakan 2-3 kalimat untuk setiap paragraf
             3. Gunakan bold dan italics untuk menandai poin-poin penting
             4. Menggunakan kata-kata call-to-action

5. Periksa apakah Anda sudah memasukkan keyword Anda di ALT text gambar Anda Periksa juga apakah Anda sudah memanfaatkan external (link ke website lain) dan internal link (link ke halaman website Anda yang lain) di konten Anda.

2. Pelajari apa yang pengunjung website Anda inginkan

Strategi ini memang terdengar simple, tetapi sering dilupakan oleh para pemilik website. Anda perlu fokus dengan apa yang pengunjung website Anda inginkan. Dengan mengerti apa yang mereka cari, Anda akan lebih mudah dalam mengembangkan isi konten website Anda untuk menarik perhatian pengunjung dan mempertahankan konsumen Anda. Opini konsumen Anda memiliki kemampuan untuk memengaruhi ide, artikel, produk, dan konsep yang Anda terapkan di website Anda.

3. Buat sebuah landing page yang sudah dioptimasi

Landing page yang dirancang dengan baik dapat membantu meningkatkan mengumpulkan lead dan sales. Semakin banyak landing page yang Anda buat, semakin banyak pintu yang Anda buka untuk menarik traffic.

Menurut riset oleh perusahaan SEO, MarketingSherpa, 44% klik untuk perusahaan B2B masuk ke homepage dan bukan ke sebuah landing page. Tentu saja homepage juga penting tetapi landing page dapat meningkatkan hubungan dengan pengunjung website.

Landing page adalah sebuah halaman dimana pengunjung datang saat mereka mengklik sebuah iklan atau hasil pencarian. Landing page Anda bisa fokus pada satu topik dan membahas topik tersebut secara lengkap. Pada dasarnya halaman ini dibuat dengan fokus pada satu tujuan.

Halaman yang baik memiliki beberapa elemen di bawah ini:
1. Tidak ada navigasi karena Anda ingin pengunjung tetap di halaman tersebut
2. Konten yang berguna dan informatif
3. Jangan lupa menyertakan call-to-action; bisa untuk mengajak pengunjung mendaftarkan diri untuk produk, layanan, atau tawaran untuk mendapatkan e-book dari Anda).


4. Pastikan bahwa website Anda mobile-friendly

Anda pasti sudah sering mendengar bahwa Anda harus memastikan bahwa website Anda mobile-friendly. Saat ini, orang-orang sering mengakses sebuah website melalui smartphone mereka. Pada Mei 2016 lalu, Google menerapkan algoritma baru yang melihat apakah website Anda mobile-friendly dan responsif untuk menetapkan ranking Anda di hasil pencarian.

Jika website Anda terlihat sama seperti jika Anda membukanya di dekstop Anda, hanya dengan ukuran yang lebih kecil, maka website Anda tidaklah mobile friendly. Kalau Anda menggunakan WordPress sebagai CMS website Anda, kemungkinan besar website Anda sudah mobile friendly. Semua themes di WordPress sudah dirancang untuk menjadi mudah bila dibuka di smartphone.

5. Gunakan teknik internal deep linking untuk SEO

Mungkin Anda bertanya-tanya apa itu deep linking? Deep linking adalah teknik yang menggunakan anchor text untuk menghubungkan halaman tersebut ke halaman lain di website atau blog Anda. Teknik ini memberi tahu Google seberapa dalam halaman-halaman yang ada di website Anda dan dengan melakukan ini dapat mendorong Google untuk mengindeks halaman-halaman di website Anda.

Kebanyakan orang fokus untuk menarik banyak orang untuk mengunjungi homepage website mereka, tetapi tidak berhasil menarik pengunjung tersebut untuk membaca halaman-halaman lain di website mereka.


6. Gunakan link juice untuk halaman yang memiliki ranking rendah

Link juice adalah outbound links dari website dengan authority tinggi ke konten Anda. Karena link ini datang dari website dengan authority tinggi, orang-orang akan membaca konten Anda karena mereka percaya dengan authority website tersebut. Ini juga membantu Google untuk mengindikasikan bahwa konten Anda adalah konten berkualitas tinggi.

Berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda lakukan:
- Memperbarui postingan Anda. Tambahkan link, konten, dan data baru untuk memperbarui postingan lama-lama Anda.
- Share post yang sudah diperbarui tersebut di social media. Beritahu followers Anda bahwa Anda sudah menambahkan informasi baru di post lama Anda. Ini akan membantu meningkatkan traffic.
- Link post tersebut ke postingan Anda yang baru. Setiap kali post lama tersebut relevan dengan postingan baru yang Anda tulis, sertakan link tersebut ke postingan yang baru. Ini mengarahkan traffic ke post tersebut dan akan membuat orang membaca halaman Anda lainnya.

7. Link ke website eksternal yang memiliki Domain Authority yang tinggi

Strategi link juice sebelumnya dapat membantu website Anda dengan  menyebarkan link juice ke konten Anda yang Anda dapatkan saat website dengan domain authority yang tinggi menghubungkan halaman website mereka ke website Anda. Tidak hanya mendapatkan tautan dari website-website dengan domain authority yang tinggi, memasukkan tautan ke website eksternal yang memiliki domain authority yang tinggi dalam post Anda juga membantu Google untuk mempercayai website Anda.

8. Optimasi konten Anda untuk RankBrain

Untuk terus meningkatkan ranking Anda di hasil pencarian, Anda harus tahu update-update terbaru algoritma Google. Faktor ranking terpenting ketiga milik Google adalah sebuah algoritma yang bernama RankBrain. Algoritma ini adalah sebuah sistem artificial intelligence (AI) yang membantu menganalisa hasil pencarian.

9. Gunakan AdWords copy untuk on-page SEO Anda

Cara lain untuk mendapat ide keyword adalah dengan menggunakan Google Adwords. Ads dari Google AdWords biasanya pendek dan sudah dioptimasi untuk target keyword Anda. Jika Anda bisa menghasilkan sebuah artikel berkualitas yang akan memiliki ranking yang baik untuk keyword tersebut, Anda bisa dengan mudah memperkenalkan diri Anda ke target konsumen.

10. Monitor statistik Google Search Console

Google search console adalah sebuah tool yang dapat membantu Anda untuk melihat isu-isu apa saja yang mempengaruhi ranking Anda di halaman hasil pencarian mesin pencari.


Ada tiga hal yang bisa Anda cek menggunakan Search Console:
- Crawl errors seperti 404 pages
- Memasukkan sitemap baru
- Melihat keyword mana yang membuat orang menemukan website Anda


c.    Rencana Audit yang Akan Dilakukan


1.    Mengecek optimasi on-page.

Salah satu cara termudah untuk dapat dengan cepat meningkatkan peringkat website adalah melalui optimasi on-site. Meskipun memerlukan waktu untuk membangun backlink berkualitas tinggi, ciri lain dari kinerja SEO yang baik adalah perubahan yang dilakukan akan menunjukkan hasil hanya dalam waktu beberapa jam

2.    Periksa broken link atau dead page.

Hindari broken outbond link atau link link internal ke halaman "mati" yang telah dihapus dari situs. Mereka dapat merusak kinerja SEO situs, jadi pastikan untuk mengidentifikasi masalah tersebut.

3.    Periksa situs dapat diindeks oleh search engine.

Selain memastikan bahwa link yang rusak tidak ditelusuri oleh robot mesin pencari pada saat mereka berada di situs. Hal lain yang juga penting adalah agar program otomatis dapat mengakses situs.

4.    Periksa link profil dan bandingkan dengan pesaing.

Setelah selesai dengan on-site elemen, periksa keadaan profil backlink situs. Jumlah dan kualitas link yang menunjuk pada situs memainkan peran utama dalam kinerja konten dalam hasil pencarian mesin pencari.


5.    Uji kecepatan situs.

Periksa kecepatan rata-rata load halaman situs, karena Google telah tegas menyatakan bahwa ia berniat untuk memprioritaskan kecepatan situs sebagai faktor dalam algoritma pencarian alami.

6.    Periksa duplikat konten

Penting sekali memeriksa duplikat konten saat audit website. Broken link yang tidak ditangani dengan baik dapat merusak SEO. Google akan melakukan penyaringan duplikat konten di hasil pencarian dan memutuskan halaman mana yang ditampilkan di mesin pencarian.

7.    Kinerja

Kinerja situs juga harus diperiksa saat audit website karena semua orang tidak sabar untuk menunggu begitu pula saat mengakses situs. Sebuah studi melaporkan bahwa 47% pengunjung mengharapkan sebuah halaman web terbuka dalam waktu 2 detik atau kurang.


d.    Susunan Intrumen Audit

Dalam audit website ini yang akan kita audit terdiri dari 5 instrumen, diantaranya :

1.    Aspek Desain
o  Apakah menu navigasi website Anda mudah ditemukan dan mudah digunakan?
o  Sudahkah Anda mendefinisikan (atau apakah Anda menggunakan) skema warna di website Anda untuk konsistensi brand Anda?
o     Apakah tipografi dan font website Anda mudah dan enak dibaca?
o     Apakah Anda menggunakan gambar berkualitas tinggi di website Anda?
o     Apakah keseluruhan desain website Anda sesuai dan konsisten dengan brand bisnis Anda?
o     Apakah website Anda mobile friendly dan responsive?

2.    Aspek Konten dan Halaman
o   Sudahkah Anda mendefinisikan dengan jelas tujuan setiap halaman dari website Anda?
o Apakah Anda memiliki tombol CTA yang efektif di semua halaman website Anda?
o Apakah Anda memiliki landing page yang bisa untuk membangun database email?
o   Apakah halaman ABOUT menjelaskan masalah yang Anda selesaikan secara sederhana dan mudah dimengerti oleh pembaca?
o  Apakah konten Anda jelas dan mudah dimengerti serta membuat audiens Anda merasa berada di tempat yang tepat?





3.    Aspek Kegunaan dan Manfaat
o  Sudahkah Anda mendefinisikan siapa pembaca atau pengunjung website Anda?
o    Sudahkah Anda mendefinisikan “bagaimana” wesite Anda bisa melayani pengunjungnya?
o   Apakah website Anda memiliki pesan pemasaran yang menarik yang disesuaikan dengan pengunjung website Anda?

4.    Aspek Tujuan dan Target Marketing
o   Sudahkah Anda membuat sales funnel untuk mengubah pengunjung menjadi subscribers?
o Apakah Anda memiliki rencana untuk mengarahkan traffic dan pengunjung ke situs web Anda?
o   Apakah Anda memiliki sistem untuk melacak perilaku pengunjung dan interaksi di situs Anda (Contoh Google Analytics, Facebook Pixel, Hotjar dll) ?
o   Sudahkah Anda secara jelas mendefinisikan hasil yang Anda inginkan dari website Anda?

5.    Aspek Keamanan dan Backup

o   Apakah Anda memiliki plugin atau sistem keamanan untuk melindungi webiste Anda dari hacker?
o Sudahkah Anda menghapus pengguna default ( seperti admin, administrator, adminweb dll) di website Anda
o   Apakah Anda menggunakan password dan username yang kuat untuk mengamankan website Anda?
o    Apakah Anda memiliki sistem cadangan jika situs Anda di hack?
o    Apakah Anda memiliki sistem anti-spam?






















Sumber:

http://dimaskursiana.blogspot.com/2016/04/audit-around-computer-audit-through.html
https://kirim.email/cara-melakukan-audit-website/
http://www.crosstechno.com/blog/2013/09/bagaimana-cara-melakukan-seo-audit-pada-website/
https://bukainfo.com/audit-website-untuk-cek-hasil-optimasi/
http://uptopromo.co.id/blog/4-kesalahan-wajib-dihindari-selama-audit-website/
https://www.dewaweb.com/blog/10-teknik-seo-advance-untuk-meningkatkan-organic-traffic-website-anda/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar