Sabtu, 08 Oktober 2016

Penerapan Inovasi Teknologi Terhadap Ponsel

Inovasi adalah sebuah proses pembaruan dalam unsur kebudayaan masyarakat, yakni teknologi. Inovasi berarti penemuan baru dalam teknologi manusia. Dalam pengertian yang lain, inovasi juga dapat didefinisikan sebagai kemampuan untuk memperkenalkan hal-hal baru atau temuan baru yang berbeda dari yang sudah ada atau sudah dikenal sebelumnya. Di dunia, teknologi berkembng semakin pesat, muncul ide-ide baru yang sangat inovatif yang mampu membantu pekerjaan manusia. Salah satu contoh inovasi teknologi adalah smart car atau mobil pintar yang dapat berjalan tanpa sopir yang berguna untuk membantu mempermudah kegiatan manusia.

          Teknologi smart car atau bisa dibilang "mobil tanpa sopir" ini mulai ngetrend di akhir tahun 2015. Produsen produsen IT besar seperti Google dan Apple mulai berlomba lomba mengembangkan teknologi mobil smart car ini. Saat ini, pengembangan smart car ini sendiri sedang mencapai tahap pengujian keamanan. Mobil ini sendiri tidak akan dilengkapi dengan kemudi manual, karena navigasi akan berbekal pada maps, seperti Google Maps, jadi kita tinggal menyebutkan tujuan kita maka mobil ini akan berjalan sendiri ke tempat tujuan.

      Inovasi teknologi saat ini sangat mudah digunakan, kita hanya tinggal mengoperasikannya lewat smartphone melalui aplikasi. Contohnya kita dapat memesan ojek melalui aplikasi dalam smartphone kita, salah satu perusahaan pengembangnya adalah Go-jek. Tak hanya memesan ojek, kita juga dapat memesan tukang pijat, mengirim barang, dan membeli makanan yang akan diantar melalui Go-jek. Tak hanya motor, PT. Go-jek juga memiliki pemesanan taksi online atau lebih dikenal dengan Go-car.

          Teknologi akan terus berkembang dengan cepat, akan muncul inovasi baru yang akan lebih baik lagi di tahun yang akan datang, sehingga kita harus dapat mengikuti arus perkembangan teknologi atau globalisasi, namun ada baiknya jika kita mencari informasi tentang teknologi baru tersebut. Kita juga harus memilih teknologi yang akan kita gunakan terlebih dahulu agar tahu teknologi tersebut baik atau buruk untuk diri kita sendiri.

1 komentar: